Terlaksananya Musrembang Kecamatan Tenjo 2021-2022

BOGOR. deliksatu.com – Dalam rangka menyusun rencana pembangunan kecamatan, Pemerintah Kecamatan Tenjo menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan tahun 2022 pada hari Kamis .(28/1/2021)

Menurut Camat Tenjo,Kurnia Indra S.STP.EC.DEV, musrenbang kecamatan merupakan musyawarah tahunan para pemangku kepentingan di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan terkait yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbang Desa, serta menyepakati rencana kegiatan lintas desa di wilayah Kecamatan Tenjo.

“Musrenbang Kecamatan dilakukan setiap tahun guna membuat dokumen Rencana Pembangunan Kecamatan serta masukan untuk rencana kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kecamatan. Masukan tersebut sebagai dasar penyusunan rencana pembangunan kecamatan yang akan diajukan kepada SKPD yang berwenang sebagai dasar penyusunan rencana kerja SKPD pada tahun berikutnya,” ujar Kurnia Indea dihadapan peserta musyawarah.

Kegiatan dilakukan dengan PROKES yang cukup ketat dan juga dilakukan secara virtual untuk masing-masing Desa dan Sekolah yang ada diseluruh Kecamatan Tenjo.

Musrenbang Kecamatan tahun 2021 sangat penting dan strategis dalam rangka mencari masukan guna penyusunan perencanaan pembangunan Tahun Anggaran 2022 untuk mencapai visi, misi serta tujuan dan sasaran program yang ditetapkan dalam RPJMD Kabupaten Bogor sesuai moto PANCAKARSA .

Kegiatan yang merupakan wadah sekaligus proses perencanaan pembangunan untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi di masing-masing Desa.

Ditempat yang sama Sekcam Tenjo,Maman Sumantri mengatakan
“Musrenbang Kecamatan itu melibatkan aspirasi masyarakat, usulan program pembangunan agar bermanfaat untuk mengentaskan permasalahan-permasalahan di kelurahan, karenanya diminta tokoh-tokoh masyarakat, BKM, LPM, PKK, RW,RT, Kader bisa merencanakan kebutuhan masyarakat menurut skala prioritas yang dibutuhkan dengan baik yang disingkronisasikan dengan program Pemerintah Daerah. “ Tidak semua hasil Musrenbang selalu terpenuhi karena keterbatasan anggaran dan wewenang. Pemerintah telah membuat saluran-saluran atau aspirasi dalam rangka mengakomodir kebutuhan masyarakat. Adapun saluran/aspirasi yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat bisa melalui Musrenbang, reses anggota Dewan, atau dari Kementerian terkait ” ucap Sekertaris Kecamatan Maman Sumantri.

Pada kesempatan itu, Masing-masing Desa dan  lainya menyampaikan paparan visi, misi serta tujuan dan sasaran programnya.

“Bilamana saluran/aspirasi ini benar-benar direncanakan, pastinya kebutuhan masyarakat terpenuhi, dengan ketentuan tidak tumpang tindih dengan cara dibuat skala prioritas sehingga target pembangunan bisa tuntas dengan dana-dana yang ada.

Diharapkan dapat dilakukan sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan, yang perlu dukungan pendanaan . “Sehingga pelaksanaan Musrenbang Kecamatan ini dapat menghasilkan suatu perencanaan yang berkualitas, transparan dan akuntabel, yang akan menjadi dasar pelaksanaan pembangunan pada tahun 2022”.tuturnya

Di akhir musyawarah Camat Tenjo,Kurnia Indra memberikan kesempatan pada semua yang hadir di Aula ,untuk menyampaikan aspirasinya dan pada dasarnya Musrenbang bukan satu satunya wadah guna menyampaikan usulan rencana kegiatan masyarakat. Selain Musrenbang Kecamatan  bisa lewat DPRD melalui pokok pikiran (Pokir), Media online Kabupaten Bogor, maupun website  masing-masing SKPD. Pungkasnya.
(Hendrik/Parto/Agus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.