Menuju SDM yang Kompetitif melalui Pembangunan Infrastrukt

ddiksatu.com – Jember-Seiring dengan telah dibangunnya berbagai infrastruktur di bidang transportasi, energi, informasi dan komunikasi, serta fasilitas fisik lainnya maka kini dinamika masyarakat di seluruh penjuru tanah air dapat dikatakan meningkat. Lalu lintas perekonomian, perdagangan, industri maupun kegiatan sosial lainnya menjadi lebih lancar dan semakin tumbuh berkembang.

Tidak hanya yang berskala nasional atau yang dibiaya APBN, namun di tingkat daerah provinsi, kabupaten/kota nampak pembangunan/peningkatan infrastruktur yang dibiayai APBD diberbagai bidang terus dilakukan sehingga daerah terisolir serta keterbatasan layanan publik secara bertahap semakin teratasi kendalanya.

Dinamika yang paling kentara atau kasat mata ditingkat lokal adalah aktivitas kegiatan disetiap pedesaan yang kini “lebih hidup” dibanding waktu-waktu sebelumnya. Hal demikian sangat dimungkinkan mengingat telah diberlakukannya UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa — sehingga dampak positif atas pengucuran dana desa telah menunjukkan bahwa aktivitas sosial dan perekonomian di wilayah pedesaan semakin tergugah, diharapkan nantinya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan sekitar.

Salah satunya adalah desa sabrang kecamatan ambulu kab. Jember, melalui kepala desa yang proaktif dalam pengembangan/ pembangunan infrastruktur jalan mencari trobosan-trobosan sendiri dengan memanfaatkan bantuan-bantuan yang tersedia baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun pemerintah pusat.

“Kami pemerintah desa sabrang sangat berterimakasih atas bantuan-bantuan yang sudah terealisasi di desa kami baik dari dewan-dewan,dinas terkait, pemerintah kab. Jember, pemerintah provinsi jatim dan pemerintah pusat.Bantuan tersebut sangat membantu sekali terutama di sektor peningkatan SDM masyarakat di desa kami”ungkap kepala desa sabrang Jubairi lutfi kepada media deliksatu.com.(23/09/2021)

“Untuk selanjutnya masih banyak sekali di desa sabrang yang masih perlu adanya pembangunan, berkisar 50% wilayah desa sabrang yang akses jalannya masih belum tersentuh oleh pembangunan.Kalau hanya mengandalkan ADD/DD di desa kami,kami rasa ini butuh waktu yang lama dapat menyentuh seluruh akses jalan di desa sabrang,oleh karena itu kami akan terus mencari bantuan-bantuan baik dari Kabupaten, provinsi jatim dan pemerintah pusat melalui dewan-dewan agar semua wilayah desa sabrang bisa memiliki akses jalan yang baik sehingga dapat memperlancar perekonomian masyarakat dan dengan sendirinya dapat meningkatkan SDM masyarakat desa sabrang khususnya”jelas Jubairi lutfi.(YSP)

Leave a Reply

Your email address will not be published.