Sosial  

Di Tengah Pandemi, Pemdes Sanja Salurkan BLT-DD 2022 Kepada 126 KPM

Deliksatu.com – Di tengah masa pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan akan berakhir, dan dengan situasi himpitan kenaikan harga kebutuhan bahan pokok yang dialami oleh warga, Pemerintah Desa Sanja Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor,

pada Sabtu, (09/04/2022) melaksanakan giat penyaluran BLT-DD tahun 2022 oleh Kepala Desa, Sekdes, Perangkat Desa, Ketua BPD dan Bhabinkamtibmas.

Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa ini dibagikan pada 126 Keluarga Penerima Manfaat atau KPM.
Giat dilakukan di Aula Kantor Desa setempat dan tetap dengan menjalankan prokes, mulai pukul 13.00 WIB.

Kepala Desa Sanja, Edy Yusuf pada kesempatan tersebut dalam sambutannya mengatakan  bahwa dengan cairnya Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa ini dapat membantu meringankan beban kebutuhan warga yang menerima.

Berdasarkan Peraturan Presiden No. 104 Tahun 2021, Pemerintah Desa diwajibkan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa untuk warga yang masuk kategori sebagai keluarga yang kurang mampu namun belum mendapatkan Bantuan Sosial dari pemerintah seperti: BPNT, PKH sebesar 40% dari Dana Desa yang diterima

“Dari dasar aturan tersebut, kemudian desa melaksanakan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) untuk menentukan warga penerima BLT-DD, sehingga diputuskan sebanyak 126 KPM yang kita serahkan pada hari ini,” lanjutnya.

Dana BLT yang diserahkan pada hari ini, masing-masing KPM menerima dana sebesar Rp900.000, yang merupakan dana bantuan untuk bulan Januari, Februari dan Maret,” sambungnya.

Selanjutnya, Kades juga meminta kepada warga penerima BLT agar menggunakan dana yang diterimanya untuk memenuhi kebutuhan yang pokok, untuk pemenuhan gizi keluarga.

“Saya berharap dana yang diterima hari ini dapat meringankan kebutuhan pokok keluarga, pemenuhan gizi anggota keluarga, jangan untuk membeli barang-barang konsumtif.” harapnya.
(OKTA)

Leave a Reply

Your email address will not be published.