Jaga Transparansi, Ketua RT/RW Dipilih Secara Langsung

TANGERANG SELATAN, Deliksatu.com – Pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di kelurahan pondok jagung berlangsung layaknya pemilihan umum legislatif dan pemilihan umum presiden. Bahkan, masyarakat siap menagih apabila kepemimpinan ketua RT dan RW yang baru tidak amanah.

Antusiasme warga terlihat sejak sekitar pukul 09.00, tatkala puluhan warga antre di TPS. Adapun para petugas TPS, mulai dari panitia hingga dan saksipun sudah siap melayani warga yang datang untuk memilih ketua RT dan RW mereka.

Layaknya proses pencoblosan, warga yang membawa undangan datang kemudian mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mendapatkan kartu suara. Setelah itu mereka menuju bilik suara dan mencoblos 39 ketua RT dan 11 ketua RW yang ada. Kemudian, kartu suara tersebut dimasukan ke dalam kotak suara yang dijaga oleh petugas.

Lurah Pondok Jagung Nur Asni Rahman, mengatakan, pemilihan ketua RT secara pemilihan langsung dipilih oleh Kepala Keluarga dan Berdasarkan PERWAL 33 Tahun 2013 dan kemudian Pemilihan Ketua RW dipilih oleh pengurus Inti RT. Namun bukanlah ajang persaingan, melainkan kebersamaan.

Tapi jangan salah, kalau nanti ketua RT dan RW yang terpilih tidak amanah, Warga siap memarahi mereka,” ujarnya seraya bergurau, Sabtu (23/7/2022)

Menurutnya, pemilihan ketua RT dan RW dengan aklamasi atau pemilihan langsung, tidak memiliki perbedaan signifikan. Asalkan masing-masing calon dan ketua yang terpilih dapat menjalankan tugas dengan amanah. Apabila pemimpin tersebut tidak amanah, maka rakyat yang akan menjadi korban, segala urusan menjadi rumit dan keberlangsungan hidup sosial menjadi kacau.

Lanjut Nur Asni Rahman, mengungkapkan bahwa pemilihan ketua RT dan RW untuk periode 2022-2025, yang diikuti warga dari 39 RT ini berlangsung lebih ramai dan meriah daripada pemilihan legislatif dan presiden.

Sangat demokratis, bahkan mulai sejak pendataan DPT, sudah dipersiapkan dengan baik. Dari proses pemilihan ini, apresiasi warga benar-benar tersalurkan, tuturnya

Sementara, Kasi Pemerintah dan Ketertiban Widya Gumilang menyatakan dilaksanakannya Pemilihan secara langsung dan serentak ini memang dikehendaki oleh warga dan dengan adanya pemilihan RT/RW sekaligus dilakukan bersamaan. Ini sangat bagus dan dirinya menyambut baik pelaksanaan Pemilihan RT dan RW tersebut, apalagi mengadopsi sistem pemilihan langsung.

Ia berharap siapapun yang terpilih nantinya sebagai Ketua RT dan RW harus didukung penuh oleh seluruh unsur masyarakat sekitar. “Sebab peran Ketua RT dan RW pada akhirnya sangat vital karena mereka merupakan ujung tombak pemerintahan,”ujarnya.

(Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *