Destinasi Wisata Alam Lembur Anyar Bogor, Berkonsep Lumbung dan Spot Pemandangan Hutan Hijau Yang Asri

Deliksatu.com – Bogor
Wisata alam adalah sebuah bentuk kegiatan rekreasi dan pariwisata yang memanfaatkan potensi sumberdaya alam, baik itu dalam keadaan alami maupun dalam bentuk budidaya, sehingga memungkinkan para wisatawan agar bisa memperoleh kesegaran jasmaniah maupun rohaniah.

Manfaat lain dari wisata alam adalah agar bisa mendapatkan pengetahuan dan juga pengalaman serta menumbuhkan inspirasi dan cinta terhadap alam.

Begitu pula dengan Wisata Lembur Anyar yang terletak di kaki Gunung Salak, kelurahan Gunung Sari kecamatan pamijahan, Bogor. Disini menyediakan villa penginapan untuk Home Stay, Taman bermain anak, Karaoke dengan konsep Gubuk, dimana terlihat pemandangannya yang indah dan terhampar luas hutannya yang masih asri dan segar, Minggu (16/07/2023).

Saat diwawancarai oleh beberapa awak media online, Andi selaku Manager Wisata Lembur Anyar juga menjelaskan, “Bahwa wisata ini baru kita buka setahun ini. Sebelumnya masyarakat Pamijahan juga sudah mengenalnya lama sekali. Dengan inisiatif dari warga sekitarnya, kita adakan kerjasama yakni antara Pemdes untuk segera membuat Destinasi Wisata Alam yang bersumber dari masyarakat.”Ujarnya.

“Kita buka lahan dan bersama-sama membangun wisata di atas lereng gunung salak ini secara mandiri dan swadaya, atas kerjasama dan masukan masyarakat jadilah Wisata Lembur Anyar yang saat ini berada”.

Fasilitas yang dimiliki diantaranya ada, Telaga Renang, Home Stay Villa dengan konsep Lumbung dengan variasi harga yang berbeda dan Spot foto untuk pemandangan alam. Semua ini masih dalam tahap pengembangan dan nantinya semua akan kita bangun kembali, mungkin kedepannya kita akan ada seperti Glambing-glambing di atas lereng gunung dan sebagainya sesuai kebutuhan pengunjung,” Ungkap Andi.

Harga tiket masuk di Wisata Lembur Anyar kita patok untuk hari biasa dari Senin-Jumat sekitar Rp.15.000 dan kalo hari weekend antara sabtu-minggu sekitar Rp. 20.000. Sudah termasuk free cemilan, wedang jahe, telaga renang dan spot foto pemandangan alam. Dan villa penginapan disini berkisar untuk menampung (4 orang seharga Rp.350.000) dan (15 orang seharga villanya Rp.1.000.000 lebih), disini bisa menampung sebanyak 50 orang dari beberapa villa yang kita miliki.

“Disini kita mengusung konsep umum diantaranya wisata alam, budaya, dan wisata edukasi misal ada Outbond, Bintek dan Pelatihan juga Room Meeting. Untuk kenyamanan dan keamanannya, kita menjamin 1×24 jam sudah bergantian jaga dengan warga dari semua RT dan RW disini. Bahkan dari pihak Dinas pariwisata kita juga sudah mengusulkan kerjasama. Berapa besarnya anggaran kita juga belum tahu, tapi kedepannya semoga bisa direalisasikan dan ada titik cerahnya.”

Ditambahkan oleh Andi, “Saat ini kita membuka wisata alam lembur anyar untuk wisatawan lokal. Tetapi tidak menutup kemungkinan dari mancanegara kita bisa menampungnya. Saat ini saya ada juga kendala dimana wisatawan di puncak mendapati wisatawan dari mancanegara, ternyata Paket-paketnya tidak jauh juga harganya dengan harga kami disini. Insha allah kedepannya kita akan adakan kerjasama juga dengan pengelola di puncak. “Tuturnya.

Info tentang Wisata Lembur Anyar bisa dilihat di media sosial kami dan websitenya berikut ini:
1. Instagram (IG): @LemburAnyar_Official
2. Tiktok: @Lembur_Anyar
3. Website: www.lemburanyar.id

( G. Rahmad )