Peringati (Harkitnas) ke-116, Kecamatan Cipondoh Sambut Kunjungan Wali Kota Sehari

deliksatu.com| Kota Tangerang,- Siti Qitarah Jinan Baliko dari SMP Negeri 10 Kota Tangerang, ada pula Johanes Vicko Manugara dari SMP PGRI 1 Tangerang untuk tingkat SMP. Sedangkan untuk tingkat SMA yang terpilih menjadi Wali Kota Tangerang sehari adalah Yolina Ruchika dari SMAN 9 Tangerang, dan Muhammad Ferdy Julian Tri Putra dari SMK Bhakti Anindya.Empat pelajar yang dinobatkan sebagai Wali Kota Sehari dalam ajang A Day In My Life mengikuti berbagai kegiatan bersama Penjabat Wali Kota Tangerang beserta para pejabat dilingkup Pemerintah Kota Tangerang.

Salah satunya di antaranya mereka berkunjung ke Kantor Kecamatan Cipondoh dan Puskesmas Cipondoh. Namun sebelumnya mereka para Wali Kota Sehari ini bermula dengan mengikuti Upacara Bendera di SMP Negeri 10 Kota Tangerang, Senin (20/5/2024), Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang.

Selain itu, mereka juga mengunjungi TPS3R Poris Plawad Utara, TPST Dongkal, Pasar Sipon, Situ Cipondoh, TLR Kota Tangerang, ATCS Kota Tangerang, sampai simulasi rapat Rencana Kerja dan Anggaran (RKA). Nampak mereka sangat terkesan dalam ajang “A Day in My Life: Satu Hari Jadi Wali Kota Tangerang.” Perdana kali, terlebih lagi ajang istimewa tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116.

Pj. Walikota Tangerang Dr. Nurdin, S. Sos, M. Si.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan, untuk kegiatan hari ini diikuti oleh para Wali Kota Sehari dari pelajar SMP dan SMA yang berhasil menjadi juara dari kegiatan yang digaungi Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan.

“Para pelajar ini menjadi Wali Kota Tangerang Sehari, mereka mengikuti berbagai kegiatan yang menjadi tugas wali kota,” ucap Nurdin.

Ia pun menambahkan, dengan keikutsertaan mereka (wali kota) sehari tentunya akan menjadi hal baru bagi mereka untuk mengetahui tugas wali kota dalam melayani masyarakat.

“Mereka akan mengetahui tentang kegiatan yang dilakukan. Dan, ini akan menjadi hal baru yang nantinya bisa disampaikan ke rekan-rekan mereka seperti generasi Gen Z atau milenial,” tambahnya.

Nurdin pun berharap, para wali kota ini akan menjadi agen komunikasi Pemerintah Kota Tangerang untuk dapat menyebarluaskan berbagai program yang digaungkan pemerintah daerah.

“Dengan gaya bahasa mereka kesesama generasi Gen Z atau milenial tentunya akan menguatkan untuk membangun Kota Tangerang kedepannya,” paparnya seraya menambahkan, pihaknya ingin memberikan yang terbaik untuk menyambut Indonesia Emas di tahun 2045 mendatang.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kota Tangerang, kembali menuturkan ajang A Day In My Life untuk menumbuhkan minat dan semangat kepemimpinan pada generasi muda.

“Kami ingin para pelajar berani bermimpi dan aktif berpartisipasi dalam membangun masa depan Kota Tangerang serta dapat terus mencintai Kota Tangerang dengan segala kreativitas dan idenya,” tuturnya.

Camat Cipondoh Kota Tangerang KHOTIBUL IMAM, SH.I

Sementara itu, Camat Cipondoh Khotibul Imam mengatakan pelajar Sehari menjadi Wali Kota Tangerang sebagai ajang motivasi bagi para generasi Gen Z.

“Kegiatan ‘A Day in My Life Wali Kota Tangerang merupakan program dari Pemerintah Kota Tangerang. Kebetulan ada peserta yang bersekolah di SMP 10, jadi Kita Kecamatan Cipondoh, ditunjuk sebagai lokasi pelayanan, jadi mereka tahu tugas Walikota itu sangat banyak. Harapannya para pelajar dan masyarakat tahu bagaimana pekerjaan dari seorang Wali Kota. Masyarakat punya hak untuk menjadi seorang Wali Kota, minimal mereka harus paham tugas dari Wali Kota tersebut,” ujar Camat Cipondoh Khotibul Imam. (ADV)