Audensi Kemendagri, Pewarna Indonesia Dukung Pilkada Damai

JAKARTA, Deliksatu.com – Tahun politik 2024 menjadi tahun yang sangat sibuk bagi Kementerian Dalam Negeri. Pemilu serentak pilihan legislatif dan presiden sukses terselenggara 14 Februari 2024, tantangan berikutnya terbentang di depan yakni Pemilihan Kepala Daerah Serentak 545 daerah dengan rincian 37 provinsi, 415 kabupaten, dan 93 kota pada 27 November 2024.

Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri meminta dukungan organisasi kemasyarakat untuk bersama menyukseskan perhelatan akbar politik lima tahunan ini.

Pernyataan itu disampaikan Plh. Direktur Organisasi Kemasyarakat
Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Kemdagri Abdul Gafur saat menerima audiensi Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Nasrani (Pewarna) di kantor Kementerian Dalam Negeri, Rabu, 18 September 2024.

“Jangan sampai Pilkada ternoda dengan polarisasi akibat isu primordialisme yang kuat. Masyarakat jangan terpecah, untuk itu literasi dan sosialisasi dari ormas seperti Pewarna sangat membantu sukses Pilkada 2024,” kata Gafur seraya menyampaikan salam Plh. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Togap Simangunsong.

Gafur menyambut baik ajakan Pewarna untuk bersinergi menyampaikan pesan-pesan positif dari Kemdagri kepada publik.

“Kami juga berharap dapat difasilitasi dalam berbagai kegiatan, karena Pewarna sudah legal terdaftar sebagai ormas di Kemenkumham dan selama ini aktif membuat buku-buku bernuansa keberhasilan pemerintahan,” ujar Asiong Munthe.

Hal senada disampaikan Ketua Departeman Ekonomi Kreatif PP Pewarna Rikardo Humtom Marbun. “Rekan-rekan pengurus Pewarna di daerah sudah akrab berkolaborasi dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik di provinsi, kabupaten, dan kota. Di tingkat pusat, kami pun siap bergandengtangan dengan Kemendagri dalam mewarnai literasi agar Pilkada 2024 berlangsung sehat dan damai,” kata brodcaster dari Radio Pelita Kasih 96,3 FM itu.

Selain Gafur, pada kesempatan ini, dari Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri juga hadir Ketua Tim Kerja Pemberdayaan dan Kemitraan Organisasi Kemasyarakatan Prayogo Heri Cahyono, Ketua Tim Kerja Mediasi dan Sengketa Organisasi Kemasyarakatan Abdi Ali, Ketua Tim Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan Cek Putri Humaira, Ketua Tim Kemitraan Organisasi Kemasyarakatan Fauzy Rosny, serta Pelaksana pada Direktorat Organisasi Kemasyarakatan Ratu Shaila Luthfia, Redis Orlando Suweni, serta ⁠Muhammad Rizky Dwiputra Panggato,.

Sementara itu, dari Pengurus Pusat Pewarna juga hadir Ketua DPP Agustinus Rahardjo, Pengurus Departemen Penelitian dan Pengembangan Ashiong Parhehean Munthe, Sunarno SA, serta Pengurus Departemen Pelayanan Masyarakat dan Kerohanian Teeny Martinus DeenDeen.

Reporter : Yousi

Editor : Glend