SMKN 1 Tangsel Sukses Menggelar Kegiatan Nestan Career Atau Job Fair dan Edu Fair Selama 2 Hari

Deliksatu.com, Tangerang Selatan – SMKN 1 Kota Tangerang Selatan menggelar acara  Nestan Career atau Job Fair dilingkungan Sekolah. Bertema “Membangun Karir Menuju Masa Depan Gemilang Untuk Indonesia Emas”. Acara tersebut di hadiri oleh Pjs Walikota Tangerang Selatan H. Tabrani S.Pd, M.Pd dan seluruh Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Se-Tangsel dan juga di hadiri oleh Lurah Ciater Rohidi S,Sos, M,Si dan seluruh siswa siswi SMKN 1 Tangerang Selatan, Rabu (02/10/2024).

Pjs Walikota Tangerang Selatan H. Tabrani dalam sambutannya sangat mengapresiasikan dan mendukung penuh terlaksananya Job Fair dan Edu Fair berlangsung selama 2 Hari (02-03 Oktober 2024) yang di adakan di lingkungan SMKN 1 Tangsel, dimana beliau berpesan untuk selalu berprestasi dalam hal pendidikannya karena inilah siswa dan siswi SMKN 1 calon generasi penerus bangsa dan negara yang akan mengharumkan nama sekolahnya. Dalam hal kegiatan inilah menjadi sebuah contoh SMKN 1 Tangerang Selatan agar SMKN yang lainnya yang berada di Tangerang Selatan terus berupaya inovatif dan berkarya dengan ide-ide spektakuler lainnya. “Imbuhnya.

Tabrani pun mengingatkan dengan cita-cita anak-anak yang masuk ke SMK. “Ingat cita-cita kalian, Sekolah di SMK itu harus mempunya kemampuan dan kompetensi sesuai dengan bidang keahlian yang kalian ambil,”Jelasnya.

Tidak hanya job fair, kegiatan ini juga ada pengenalan kampus. “Bagi siswa siswi yang tidak mau bekerja setelah tamat namun ingin lanjut kuliah, ini jadi referensi kampus yang ingin diambil,”Ujarnya.

Pjs Walikota Tangerang Selatan berpesan kepada Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negri 1 (SMKN 1) yang di pimpin oleh A. Marta Nurdin S. ST, M.Pd dan seluruh Staf Guru Didik dan pengajar lainnya untuk selalu mengedukasi kepada siswa dan siswi dalam memberi pelajaran-pelajaran yang bermanfaat demi masa depan generasi bangsa ini menjadi lebih baik kedepannya, “Tegasnya.

Ditempat yang sama dalam wawancara dengan awak media Kepala Sekolah SMKN 1 Tangerang Selatan A. Marta Nurdin S.ST, M.Pd. beliau memaparkan bahwa, “JOB FAIR tujuannya adalah membuka ruang pengetahuan dan ruang informasi bagi siswa siswi kelas 10,11,12 dan juga untuk merekrut para alumni yang lulus artinya info ini ada peluang tentang sebuah lowongan kerja untuk mereka yang masih mengganggur. Yang dihadirkan di Stand ini terdiri dari sekitar 16 sektor industri yang di undang yaitu 14 perguruan tinggi yang di undang juga untuk memberi informasi untuk siswa siswi yang lulus untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Dan ada juga 10 UMKM yang di undang dari sekitar lingkungan sekolah untuk tujuan siswa siswi bisa melihat langsung untuk berpeluang berwirausaha seperti mereka siapa tau kedepannya merka uga bisa menjadi pengusaha yang handal dan sukses dibidang yang mereka tekuni,”Ujarnya.

Kegiatan ini merupakan tahun ketiga yang diselenggarakan dan berlangsung selama dua hari yakni hingga Kamis (3/10). Job fair ini merupakan penguatan dari konsep BMW yakni (Bekerja Melanjutkan Wirausaha).  “Alhamdulillah kegiatan job fair ini diikuti sebanyak 16 industri usaha diantaranya kawan lama, lion air boga, mie gacoan dan lainnya,”Ungkapnya.

Dari 16 industri yang bergabung, sudah ada 400 siswa atau mantan alumni baik dari SMKN 1 maupun alumni dari SMK yang ada di Tangsel yang telah mendaftar. “Saya berharap, dari ratusan siswa yang ikut daftar dan interview di lantai 2 bisa masuk dan diterima kerja,”Harapnya.

Tidak hanya mengadakan job fair, namun SMKN 1 juga membuka pameran kampus, Marta berharap bagi siswa siswinya yang tidak ingin bekerja namun ingin melanjutkan terlebih dahulu di jenjang pendidikan bisa melihat-lihat peluang pendidikan dari 14 kampus yang bergabung di kegiatan ini. “Ada 14 kampus seperti UPH, Universitas Pancasila, UPJ dan lainnya yang bisa menjadi referensi buat siswa siswi yang ingin melanjutkan dunia pendidikan,”Pungkasnya.

(Gito R)