Mengusung Giat Karya P5 Bertema: “Kearifan Lokal dan Kewirausahaan”, SDN Lengkong Gudang Timur 1 Sukses Gelar Acaranya

Deliksatu.com  – Tangerang Selatan
Gelar giat P5 (Proyek Profil Penguatan Pelajar Pancasila) di adakan di lapangam sekolah SDN Lengkong Gudang Timur 1 Tangerang Selatan sangat meriah dan sukses. Semua tamu yang hadir tampak riang gembira sambil menunggu jalannya acara untuk melihat penampilan siswa/i yang akan pentas di atas panggung.

Tampak terlihat orangtua wali murid dengan semangatnya untuk melihat penampilan dari anak-anak mereka tampil di atas panggung sambil mendokumentasikan di handphonenya dengan melambaikan tangan seraya memberi perhatian. Acara di mulai dari sekitar pukul 07.30 WIB s/d 12.00 WIB, Sabtu (17/06/2023).




Adapun tamu undangan yang hadir diantaranya Amir Mahmud S.Pd M.MPd, selaku Kepala Sekolah SDN Lengkong Gudang Timur 1 Kota Tangerang Selatan, Ida Bagus Ayu Komang S.Pd selaku Panitia Pelaksana Acara, Drs. Eko Pranoto M.M.Pd selaku Perwakilan dari Anggota Dewan Pendidikan Kota Tangerang Selatan, Zulham Firdaus selaku Anggota DPRD Kota Tangerang Selatan dari komisi IV, Para Dewan Guru dan Staff Pengajar, Komite, Korlas dan orang tua wali murid serta para tamu undangan lainnya.

Saat awak media online deliksatu.com menyambangi Amir Mahmud S.Pd M.MPd, Kepala Sekolah SDN Lengkong Gudang Timur 1 beliau menjelaskan,”Bahwa kegiatan ini kita laksanakan karena mengusung dari program kurikulum merdeka salah satunya adalah program P5. Bertujuan kepada siswa/i agar lebih memiliki rasa kebudayaan lokalnya. Misalnya dari pakaian adat istiadatnya, makanan kulinernya, sehingga anak-anak dapat mencintai budaya dan adat istiadat dilingkungannya sendiri. “Ucapnya.

Ditambahkan olehnya, “Semoga para siswa dapat meningkatkan untuk berpikir lebih kritis, kreatif, mandiri dan inovatif. Serta menjadi logis, bijaksana dan dapat menggunakan produk-produk didalam negeri dan mencintai lokalnya. Semoga kedepannya acara ini kita adakan kembali agar lebih baik  dan meriah lagi”.”Tegas Amir Mahmud.

“Saya ucapkan terima kasih kepada para tamu undangan yang hadir yaitu Dewan Guru, Komite, Korlas dan orang tua walimurid. Juga kepada Drs. Eko Pranoto M.M.Pd selaku Perwakilan dari Anggota Dewan Pendidikan Kota Tangerang Selatan dan Zulham Firdaus selaku Anggota DPRD Kota Tangerang Selatan dari komisi IV, atas apresiasinya semoga dengan kehadiran beliau sekolah kami dapat diperhatikan agar lebih baik lagi kedepannya”.

Juga ditambahkan olehnya,”Semoga dari segi bangunan sekolah, ruangan dan infrastruktur di sekolah kami ini lebih mendapatkan perhatian khusus dan dapat dikembangkan dari segi lainnya,”Ujarnya.

Adapun pesan penting dari acara ini, saya menghimbau kepada siswa/i agar lebih paham, beretika moral dan paham akan kebudayaan dan adat istiadat yang ada di indonesia. Sehingga lebih paham dan mencintai budayanya sendiri. Sehingga mereka dapat menggunakan label produk lokalnya sehari-hari. Juga lebih giat lagi dan cerdas untuk mempromosikan akan kecintaannya dengan produknya sendiri.

Diakhir wawancara beliau menegaskan, “Untuk pemakaian gadget di era digitalisasi sekarang ini, sebaiknya siswa dapat membatasi dalam pemakaiannya sehari-hari. Karena ini sudah menjadi kebiasaan yang lumrah membudaya sehari-harinya. Mungkin dari kami pihak sekolah hanya mengarahkan dan membatasi pada saat penggunaanya kearah yang lebih positif disaat pembelajaran tertentu saja”.

Harapannya dari kegiatan acara ini, mudah-mudahan semua masyarakat lebih tahu dan bisa membantu, meningkatkan fasilitas yang ada baik dilakukan secara gotong royong atas dukungan mereka, sehingga semua memiliki hak untuk membangun dilingkungannya. Karena sekolah ini milik mereka bersama juga. Jadi mari kita bersama-sama untuk menjaga dan membangun sekolah ini agar selalu dijaga serta dirawat sehari-hari,”Pungkasnya.

Di tempat yang sama Ida Bagus Ayu Komang S.Pd selaku Panitia Pelaksana menuturkan, “Dari kegiatan Gelar Karya P5 ini kami mengusung tema tentang Kearifan Budaya Lokal dan Kewirausahaan. Seluruh peserta ini diikutkan dari semua kelas 1 dan Kelas V. Agar siswa/i dapat lebih mandiri, mencintai dan mengenal budaya diluar negeri sana, “Tuturnya.

Pesan dan harapan nya, “Semoga anak-anak dapat mengembangkan kepribadiannya, agar lebih mandiri berpikr kritis dan cerdas menyikapi segala hambatan yang ada pada dirinya. Tetap cintai budaya lokal dan tetap memakai produk asli dari dalam negeri sendiri, “pungkasnya.

(Gito Rahmad N)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *