SDN Pondok Kacang Barat 03 Kota Tangerang Selatan, Gelar Giat Festival Budaya Indonesia Mengusung Program P5

Deliksatu.com – Tangerang Selatan
Begitu pula yang di laksanakan di SDN Pondok Kacang Barat 03 Kota Tangerang Selatan, mengadakan gelar kegiatan Festival Budaya Indonesia bertema: “Meningkatkan Rasa Bangga Terhadap Budaya Indonesia Sebagai Budaya Nasional”. Dimana terlihat tampak siswa/i sangat antusias dan gembira mengikuti jalannya kegiatan ini dilapangan sekolah sampai selesai acara, Sabtu (16/06/2023).

Adapun yang ikut andil mereka dari para siswa-siswi yang akan mengisi dengan beberapa kegiatan antara lainnya menampilkan pentas seni dan tari-tarian dari berbagai daerah di indonesia, bahkan ada juga pantomim di pentaskan serta banyak lagi talenta-talenta lainnya dari siswa-siswi dalam hal bernyanyi dan sebagainya yang ditampilkan di acara festival budaya ini.




Tamu undangan yang tampak hadir dalam acara tersebut, H. Narsum S.Pd selaku Kepala Sekolah SDN Pondok Kacang Barat 03, Parwiyati S.Pdi selaku Ketua Panitia Acara,  Satiyawan S.Pdi selaku Kasi Bidang Kesiswaan Pendidikan Kota Tangsel, Lurah Pondok Kacang Barat di wakili oleh Sekel, Babinbinamas Polsek Pondok Aren, para Guru-guru beserta Staf dan jajaran SDN Pondok Kacang Barat 03, Komite, Korlas, Siswa-siswi dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sesi wawancara kepada awak media online DelikSatu.com H.Narsum mengatakan,”Dalam hal ini kegiatan yang kita adakan sudah jauh-jauh hari di rencanakan. Dan ini merupakan acara perdana kita dalam kurikulum merdeka yaitu program P5 (Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Berhubung tahun kemaren kita di landa covid-19 acara baru terlaksana sekarang ditahun ajaran 2022-2023. Acara kita usung dari Festival Budaya Indonesia di setiap program acara rutin tahunan ini.,”Ujarnya.

“Alhamdulillah acaranya berjalan dengan lancar, dan acara ini tidak akan terlaksana tanpa bantuan dari pihak luar dan internal sekolah khususnya dari orang tua wali murid dan masyarakat setempat. Dan kami tidak mungkin alokasikan dana juga harus dari Bosnas. Kami berupaya dengan pihak Stakeholder, komite dan korlas untuk bersama-sama serta mendukung untuk mewujudkan acara ini dengan support dana dari mereka. Dan sekolah hanya mendukung juga memfasilitasi saja”.

Lebih lanjut dikatakan oleh H. Narsum S.Pd selaku Kepala Sekolah SDN Pondok Kacang Barat 03 berpesan,” Lestarikanlah budaya indonesia dan perkenalkan budaya indonesia. Tapi realitanya sementara ini anak-anak kita tidak tahu untuk mengenal budayanya sendiri. Seperti apa seh budaya indonesia, darimana asalnya budaya ini. Makanya kami perkenalkan mereka semua dikegiatan acara ini agar dapat mengenalnya yang akan mereka pentaskan. Insha allah dengan menampilkan dan mempelajarinya mudah-mudahan mereka dapat mencintai seni budaya indonesia pada dirinya nanti untuk dilestarikan kedepannya, lanjutnya.

“Dan ini merupakan kekayaan budaya indonesia, karena begitu luasnya negara kita dengan suku dan adat istiadat daerahnya. Karena di ajang FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Ajang Nasional) yang nanti ditampilkan adalah seni dan tarian dari daerah bahkan ada juga yang di mix untuk paduan tariannya dari beberapa daerah tersebut. Bahkan ajang kompetisi lomba seni yang diadakan di Indonesia ini diadakan oleh pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kota tangerang selatan. Maka dari itu kita gali dan pelajari lagi dan jangan sampai tergerus oleh budaya asing yang masuk ke negara kita,”ucapnya.

“Menurut saya diera digital saat ini kami juga menerapkan sistem offline (tatap muka) dan juga online berbasis internet. Menurut kami semua itu ada plus dan minusnya. Kalo saya lihat dan pelajari, karena sehebat apapun teknologi guru pengajar itu tidak bisa digantikan. Karena teknologi sumbernya semua dari pendidikan. Jadi pertahankan sampai sekarang penerapan sistem offline (tatap muka) dan online kita membatasi kepada anak-anak kita. Kecuali jika ada tugas yang penting baru kami suruh mereka membawa handphone di sekolah, “pungkas H. Narsum.

Ditempat yang sama Parwiyati S.Pdi selaku panitia pelaksana acara saat awak media online mewawancarai beliau juga menjeaskan,”Bahwa saya ditugaskan untuk mengatur dan menjalani semua rangkaian kegiatan acara festival budaya indonesia di sekolah SDN Pondok Kacang Barat 03 ini. Yang kami tampilkan di kegiatan ini diantaranya, peragaan busana daerah diikuti oleh kelas 1 s/d kelas V.  Ada juga Bazar, Market Day diikuti oleh kelas 1 dan kelas IV. Semua kegiatan ini sebagai wujud implementasi P5 dan penampilan siswa/i yang di pentaskan,’Ungkapnya.

Tujuan kegiatan ini untuk membangkitkan, menumbuhkan rasa dan sikap literasi keuangan, membangkitkan kreatifitas anak dan meningkatkan jiwa enterpreneur siswa.
Di market day ini mereka diajarkan bagaimana membuat produk dan menjual juga mengemasnya sebagus mungkin dalam memanajenen keuangannya.

Lebih lanjut ditambahkan, “Semua kegiatan ini didukung oleh pihak sponsorship yang sudah setiap tahun acara selalu mendukung di sekolah kami. Juga komite, korlas dan orang tua wali murid semuanya, kami mengucapkan banyak terima kasih atas support dan dukungan baik materi dan tenaga sehingga acara berjalan sukses.”ujarnya.

Pesan dan harapan saya, “Cintailah budaya bangsa indonesia,budaya daerah menjadi budaya nasional. Kembangkan literasi keuangan tetap meningkatkan enterpreneur  dan kreatifitas. Insha allah dengan sikap itu bangsa indonesia ini tidak akan meninggalkan budaya indonesianya sendiri. Dan budaya indonesia ini akan lestari dan dijaga oleh generasi penerus selanjutnya,”Pungkas parwiyati.

(Gito Rahmad N)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *