Kelurahan Jurang Mangu Timur Menggelar Kegiatan Economic Skill Class, Bertema: “Managemen Pelatihan Bisnis”

Bidang UMKM

Deliksatu.com -Tangerang Selatan
Sebuah komunitas atau perkumpulan yang dahulu terbentuk pada tahun 2020, kini menjadi sebuah perkumpulan yang sudah resmi berbadan usaha dan berbadan hukum, secara legalitas sekarang sudah diakui kredibiltasnya. Bahkan oleh semua kalangan ibu-ibu pengusaha di seluruh Kota Tangerang Selatan yang memiliki usaha baik itu mikro dan non mikro dalam  program pelatihan motivator UMKM ini.

Ditempat bersamaan saat dimintai keterangannya kepada awak media deliksatu.com, Ahmad Gozali S.HI, MH selaku lurah Jurang Mangu Timur juga menuturkan, “Bahwa kegiatan itu saya buka acaranya dari lembaga PEPI (Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Indonesia) dan bekerjasama dengan Dinas DPMP3AKB Kota Tangerang Selatan.




“Adapun dana yang mereka pakai didapat dari dana Hibah. Dijelaskan tadi kegiatan tersebut ada sosialisasi tentang UMKM, Konten Kreator dengan bagaimana cara memasarkannya. Intinya saya sangat mendukung dan senang sekali. Khususnya untuk perempuan warga jurang mangu timur dan pondok aren umumnya harus mandiri. Minimal bisa membantu perekonomian keluarganya untuk berjualan. Dan bukan sekedar teknisnya saja ilmunya juga harus dimiliki, tapi mental juga di persiapkan, “Tutur Ahmad Gozali.

Dimana kelurahan jurang mangu timur pada hari ini, hanya sebagai fasilitator dan tempat untuk sosialisasi tentang economic skill class di ruangan gedung serbaguna di lt.3, Jum’at (14/08/2023).

“Kegiatan acara tersebut dihadiri Ketua dan Pendiri PEPI, juga didatangkan langsung oleh mentor dan narasumbernya seorang Doktor, Dosen dari Fakultas UNPAM Tangsel, serta Konten Kreator untuk cara memasarkan yang lebih menarik”.

Harapan kedepannya semoga di kegiatan ini, kita berharap yang mengikuti pelatihan program ini dapat terjun langsung kelapangan untuk memasarkan jualannya. Intinya tidak hanya menunggu pelanggan untuk pembeli konsumennya secara online baik di medsos Pesan antar makanan siap saji misal Gojek, Grab, Shopee, FB, WA, IG dan Tiktok tapi juga aktif offlinenya, “Ujarnya.

Seiring berjalannya waktu cabang untuk pengembangan manusia berdaya ekonomi yang dimiliki saat ini semakin banyak peminatnya, bahkan terus bertambah setiap bulannya di setiap kecamatan khususnya di kota Tangsel. Dari tangan dingin seorang wanita enterpreneur yang gigih yang dahulu sebagai sosial preneur beliau juga seorang pelaku usaha mikro bergelutnya dari sebuah pameran ke satu pameran lainnya di seluruh indonesia. Alhamdulillah sekarang sudah ada beberapa outletnya di Mall-mall diindonesia. Bahkan pameran yang diluar negeri di Buones Aires Brazil pernah diikutinya juga.

Menurut Yani selaku Founder dan Ketua PEPI sebelumnya veteran exibhition pelaku usaha (sosial preneur) beliau menuturkan bahwa, “Hampir permasalahan hidup dirumah tangga dalam hal perceraian berasal dari ekonomi. Disini PEPI fokus mengambil materi workshop untuk training hari ini di bidang ekonomi pemberdayaan perempuan. Pada tahun 2017 PEPI pertama kali bernama EEW (Economic Endpowering Woman) baru tahun kesininya selama 5 tahun ini kita berubah nama menjadi PEPI, “Ujarnya

“Sejak terbentuknya komunitas PEPI yang artinya (Pengembangan Ekonomi Perempuan Indonesia). Dimana bertujuan untuk merubah kualitas hidup ekonomi setiap keluarga dan bercita-cita untuk menciptakan mesin uang atau pundi-pundi cuan ekonomi pribadi”.

Ditambahkan olehnya, saat ini komunitas PEPI struktur organisasinya sudah ada di setiap 7 kecamatan yang ada di Kota Tangsel. Yang ketua perwakilan di setiap kecamatan kita menyebutnya dengan Emirat. Sekarang kegiatan yang kita adakan di kelurahan jurang mangu timur ini, kita bentuk dan cari pembinaan untuk calon ketuanya. Tujuannya supaya PEPI dapat tersentuh program kegiatannya sampai ke wilayah kota besar dan juga pedesaan.

Landing program PEPI fokus sampai menyentuh ke mikro-mikro lainnya yaitu ke perempuan pelaku usaha tertentu dalam hal bimbingan motivasi, pendampingan, kelas-kelas training, perluasan pemasaran, penguatan permodalan ekonomi serta melahirkan motivator perempuan yang handal dan baik. Alhamdulillah kita sudah di percayakan oleh pemerintah setempat untuk kerjasamanya mengelola hibah dan target kita tahun 2023 ini kita  sebanyak 880 orang perempuan untuk peserta yang ikut pelatihan dan pembelajaran dari program PEPI, “Tegasnya.

Adapun yang ikut kelas training hari ini ada resep jitunya, jadi mereka selesai pelatihan langsung bisa terjun kelapangan dan memasarkan program kerjanya sebanyak 4 macam kategori. PEPI memiliki member sebanyak 250 orang. Terbagi menjadi beberapa cluster diantaranya, cluster kerajinan ada fashion, kuliner, jasa, design grafis, salon theraphis facial kecantikan dan sebagainya. Diantaranya  itu bersumber dari beberapa 16 subsektor dibidang ekonomi kreatif.

Belum lama ini kita membuat 2 kelas program untuk training pelatihan calon therapis salon kecantikan. Dan ada workshopnya dengan dididik para ahlinya (mentoring) dan nara sumber yang terpercaya. Dan perawatan wajah ini sudah kita lakukan dan terapkan dilapangam secara mobile saat ini. Sekretariat workshop ada di PARADISE SERPONG CITY, Kota Tangerang Selatan.

Harapan dari saya semoga, “PEPI semakin dikenal oleh masyarakat luas, dan dapat berdampak positif kedepannya. Lebih banyak menyentuh ke semua perempuan di indonesia, juga adanya kemitraan untuk kerjasama dan sponsorship dari perusahaan baik swasta dan negeri dengan CSR nya, instansi-instansi pemerintahan. Serta bisa tersentuh ke semua lapisan di masyarakat. Karena pelatihan PEPI ini ada bermacam-macam bentuk bantuan dananya yakni ada yang dari Hibah, Berbayar sedikit, Gratis, dan ada peserta yang gratis di kasih sangu pula oleh kita.

“Syukur dan alhamdulillah kalo ada yang menyumbang langsung, dan dapat sponsor secara Gratis Lagi untuk PEPI kedepannya. Semua itu perlu adanya sebuah Foundation, yang kita inginkan juga dari seorang pengusaha yang dermawan atau sebuah corporate. Yang mana pengusaha tersebut aware terhadap kebutuhan masyarakat dan PEPI siap menjadi kolega bisnisnya yang tetap bersinergi dan konsisten, baik itu situasional atau perprogram.”Pungkas Yani selaku Founder dan Ketua PEPI.

Adapun info update untuk mengetahui lebih lanjutnya tentang  BINTEK untuk Program dan Pelatihan PEPI bisa di lihat dan akses dimedia sosial kami diantaranya:
1. IG: galeri@PEPI
2. FB: galeri_PEPI
3. Tiktok: galeri PEPI Official

(Gito R)