Wakil Walikota Tangsel Apresiasi Artpreneur Festival Stema (Stella Maris) BSD Tahun 2023

TANGERANG SELATAN, Deliksatu.com  – Pelaksanaan Artpreneur Festival Stema (Stella Maris) BSD tahun 2023 dengan tema Merajut Kesatuan Dalam Keberagaman Nusantara mendapat apresiasi dari Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang disampaikan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, H. Pilar Saga Ichsan, di Sekolah Stella Maris BSD, BSD City, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (4/11) pagi.

Apresiasi Pemerintah Kota Tangsel itu disampaikan Pilar dalam sambutan di hadapan seluruh hadirin yang mengikuti Artpreneur Festival Stema 2023, saat penutupan acara.

“Acaranya keren banget, saya atas nama pemerintah kota tangerang selatan tentu saja mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Stella Maris dalam bagaimana menjadikan sekolah ini mendidik anak-anaknya menjadi entrepreneur di masa depan. Jadi kami sangat mengapresiasi sekali karena ini tujuannya sangat luar biasa. Menciptakan pemimpin bangsa melalui dunia usaha. Nah program-program seperti ini, Artpreneur Festival dan kegiatan-kegiatan lainnya, tentu saja akan membuka wawasan dan membuka gairah anak-anak ke depannya untuk bagaimana mereka menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha,” ungkap Pilar.

Pilar yang didampingi Muslim selaku Sekretaris Dinas Pendidikan, menyampaikan bahwa saat ini telah terjadi perubahan pandangan atau mindset dalam mendidik siswa di lingkungan sekolah agar tercipta entrepreneur atau pengusaha, bukan hanya sebagai pekerja yang mencari lapangan pekerjaan.

”Sekarang mindset sudah berubah. Tentu saja Bapak Ibu menginginkan anak-anak bukan saja hanya menjadi pekerja tapi ingin menjadi seorang pengusaha menciptakan lapangan pekerjaan. Hal ini penting sekali, apalagi Pak Presiden kita saat ini, mengarahkan bahwa kita harus menciptakan jutaan lapangan pekerjaan. Cara menciptakan jutaan lapangan pekerjaan, tentu saja dengan menciptakan pengusahanya itu sendiri,” lanjutnya.

Apa yang telah dilaksanakan Sekolah Stella Maris BSD dengan program-program Pendidikan Entrepreneurship seperti Artpreneur dan lain-lain, diyakini Pilar akan memberikan pengembangan akan terciptanya para pengusaha besar dari murid-murid Stella Maris pada sepuluh atau dua puluh tahun ke depan. Dan hal ini sejalan dengan arahan Presiden RI Bapak Jokowi untuk mencapai target Indonesia Emas Tahun 2045.

“Nah saya yakin dari Stella Maris ini, adik-adik kita mungkin 10 atau 20 tahun ke depan akan mencipta pengusaha-pengusaha yang besar. Akan tercipta pengusaha-pengusaha ataukah entrepreneur yang bisa menciptakan jutaan lapangan pekerjaan. Karena target kita adalah Indonesia Emas tahun 2045. Kesuksesan Indonesia, Seratus Tahun Indonesia, berada di tahun 2045. Jadi sekali lagi saya mohon dukungan para guru, semua staf dan para orang tua murid, bagaimana tetap mendukung program Stella Maris untuk menciptakan anak-anak kita ke depan bisa menjadi entrepreneur. Jadi Bapak Ibu, kami dari Pemerintah Kota Tangerang Selatan sangat menyambut baik langkah yang sudah dilakukan Stella Maris,” kata Pilar.

Mengenai penyelenggaraan Artpreneur Festival Stema 2023 ini, Head of National School Stella Maris BSD, Uning Widyastuti Anastasia menyebutkan bahwa Artpreneur Festival adalah acara puncak dari rangkaian acara Stema Fest 2023 yang sudah berlangsung tiga minggu ini. Yang pertama adalah Stema Fest dari unit TK sampai SD, dilanjutkan Stema Cup dari unit SMP, dan terakhir Copa de Stema dari unit SMA. Dan puncaknya ini adalah Stema Artpreneur, yang menampilkan kegiatan tari-tarian dan musik yang mengenalkan daerah-daerah dari Indonesia.

Dan yang menjadi istimewa dalam penyelenggaraan Artpreneur Festival kali ini yaitu melibatkan semua siswa dari unit TK, SD, SMP dan SMA, sebanyak 459 siswa. Selanjutnya, kegiatan ini akan diajukan untuk masuk rekor MURI di tahun depan.

Dalam penampilan semua siswa dan guru yang terlibat dalam Artpreneur Fesrival, tampak semua memakai kostum pakaian adat sesuai budaya daerah-daerah di Indonesia.

.Ketika disinggung penampilan budaya dan pakaian adat tradisional yang dipakai seluruh peserta, Uning menjelaskan bahwa tujuannya melestarikan budaya adalah kita dan anak-anak, sehingga apa yang menjadi kekayaan Indonesia, anak-anak itu tahu dan mau menghidupinya. Mereka bisa tahu asal budaya dari mana dan ada berapa banyak budaya di Indonesia. Ada berapa banyak busana adat yang ada di Indonesia.

Uning yang mengenakan busana tradisional Batak Mandailing menambahkan bahwa tujuan Artpreneur ini adalah agar anak bisa mandiri, berkreasi dan inovasi.

“Kegiatan ini adalah mengajak siswa mengenal bagaimana mereka harus tampil. Harus punya waktu latihan, kesabaran dengan teman, menyiapkan baju tampil, antrian untuk di make up, antrian dengan teman-teman lain yang akan tampil, dan bagaimana mereka harus tampil di depan umum. Itulah serangkaian acara ini yang kami namai Artpreneur. Tujuannya adalah agar anak bisa mandiri, bisa berkreasi, bisa inovasi dari kegiatan ini,” ungkap Uning yang didampingi Ningrum PIC Artpreneur Festival Stema 2023.

Bagaimana tanggapan orang tua murid terhadap Artpreneur Festival Stema 2023 ini? Menurut Lidia yang diwawancarai media ini saat acara berlangsung, bahwa dirinya selaku orang tua murid yang juga menjadi anggota komite sekolah, dan kedua anak menjadi murid sekolah Stella Maris, sangat bangga dan mendukung kegiatan yang baik bagi siswa-siswa saat ini.

“Yang pasti anak-anak senang ya dengan adanya kegiatan ini. Mereka bisa mengeksplor bakat mereka. Kita juga lebih tahu ya tentang adanya pemahaman kebudayaan Indonesia yang beraneka ragam. Ada kerjasama yang solid, juga kita lihat kekompakan anak-anak. Sebagai anggota komite sekolah, akan mendukung terus program yang baik ini. Ya yang baik pasti kita dukung,” pungkasnya.

(Glen/boy)