Kelurahan Cipayung Menggelar Acara Musrenbang Agar Masyarakat Dapat Merasakan Manfaatnya

DELIKSATU.COM – TANGSEL Acara musrenbang yang berlangsung di Aula Kantor Kelurahan Cipayung Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan tahun 2024, dihadiri oleh Camat Ciputat H.Mamat, Lurah Cipayung Dini Nurlianti, Sekel Kelurahan Cipayung Ahmad Yani, Anggota DPRD Tangsel Fraksi Golkar Aminuddin, Bapelitbangda, Kepala OPD yang mewakili. Dengan pagu anggaran sekitar Rp. 2.067.000.000 (2 miliar 67 juta). Senin (15/01/24).

Adapun yang turut hadir diantaranya Ketua Forum RT/RW, LPM, BKM, Tim Penggerak PKK, Kader, Kepala Puskesmas yang mewakili, Ketua KWT, RT/RW, Babinkamtibmas dan Kelompok masyarakat Kelurahan Cipayung serta undangan lainnya.




Camat Ciputat H. Mamat mengatakan,
” Hari ini adalah perdana Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2024 untuk pelaksanaan tahun 2025 tingkat Kelurahan yang dilaksanakan di Kelurahan Cipayung. Dengan pagu anggaran 2 milyar 67 juta, terdiri dari pembangunan fisik 60%, non fisik 40%.” Ujarnya.

Dari semua usulan akan kita upayakan, bagaimana caranya supaya bisa terealisasi. Namun usulan yang masuk ada tahapan, kita cek dulu apakah sudah sesuai dengan aturan. Karena memang maksimal pembangunan untuk fisik 60% dan non fisik 40%. Sedangkan wilayah Kelurahan Cipayung itu terdiri dari 12 RW dan 65 RT. Oleh karenanya, usulan akan dimusyawarahkan, dirembukkan sehingga stakeholder yang akan diutamakan, “Jelasnya.

Harapan kami dari kegiatan ini bukan hanya sekedar seremonial saja akan tetapi semua usulan masyarakat bisa terealisasi dan dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat itu sendiri, ”Ucapnya.

Lurah Cipayung Dini Nurlianti juga menambahkan,”Musrenbang adalah suatu kegiatan yang setiap tahun nya kita lakukan, apalagi ini sudah masuk awal tahun untuk pelaksanaan perencanaan paling bawah. Kita juga sudah melaksanakan tiga tahapan perencanaan yaitu, Pra Musrenbang internal RW, Pra Musrenbang seluruh RW dan sekarang Musrenbang Kelurahan.

”Alhamdulillah untuk semua usulan sudah kami siapkan, bahkan F1 sudah selesai melalui Pra Musrenbang. Saat ini tinggal Pleno dan penyesuaian anggaran serta kaidah berdasarkan aturan yang terbaru yang diketahui oleh fasilitator Kota ku. “Harapnya.

Menurutnya untuk pelaksanaan Musrenbang pihak Kelurahan sudah melakukan sesuai dengan arahan dari Bapelitbangda. Dan pagu anggaran 2 milyar 67 juta itu untuk 12 RW, 65 RT  Kelompok masyarakat, LPM, BKM, PKK, Posyandu, Posbidu, Kader, Kelompok Tani, Kelompok Wanita Tani ( KWT), Puskesmas dan lainnya, “Ujarnya.

Dan diakhir ia tambahkan,”bahwa kita berharap tidak mau kegiatan acara ini dianggap hal yang biasa-biasa saja, bagi kami ini adalah hal yang luar biasa dan merupakan aspirasi dari kelompok masyarakat melalui RT/RW yang harus direalisasikan oleh Pemerintah, ”Pungkasnya.

(Gito Rahmad)