SDN Tajur 2 Kota Tangerang Adakan Giat P5, Bertema Festival Kebudayaan Nusantara dan Market Day 2023

Deliksatu.com – Kota Tangerang – SDN Tajur 2 Kota Tangerang telah melaksanakan Gelar Karya P5 dan Pentas Seni. Mengusung tema “Unity and Diversity Festival Kebudayaan Nusantara dan Market Day 2023” dimana Gelar Karya ini merupakan puncak kegiatan pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Dimana, kegiatan ini merupakan implementasi atas ide-ide atau inovasi yang telah dikembangkan oleh peserta didik sesuai dengan kelompoknya masing-masing baik penampilan pentas seni seperti tari daerah, menyanyi lagu daerah, baju daerah, dan presentasi makanan daerah. Dimana semua siswa tampak sangat antusias dan bersiap-siap untuk tampil di panggung. Lokasi di lapangan SDN Tajur 2, Jumat (19/10/2023).




Diantara tamu undangan yang hadir yakni Markasan S.Pd selaku Kep.sek SDN Tajur 2, Jujiati S.Pd selaku Kep.sek SDN Sudimara 8, Drs. H. Bambang S.Pd M.Pd selaku Ketua Korwil Kecamatan Ciledug, H. Suhanda S.Pd selaku Ketua RW.02, Pengawas dan Penilai Lomba Karya Market Day 2023 dari UPT Korwil Ciledug, Rico Putra S.Pd selaku Panitia Pelaksana Acara, Dewan Guru, Komitee, Korlas dan orang tua wali murid.

Saat wawancara dengan awak media online dijelaskan oleh Markasan S.Pd selaku Kep.sek Tajur 2 Kota Tangerang, “Bahwa kegiatan Festival ini bertujuan untuk membentuk karakter siswa-siswi untuk tampil kreatif dan mengembangkan bakat serta potensi yang ada pada dirinya. Jadi sekolah yang sudah menerapkan kurikulum merdeka, sudah otomatis melaksanakan Gelar Karya P5. Para siswa kelas 1 dan Kelas VI sudah mempersiapkan penampilannya masing-masing dengan apik. Mereka berlatih selama kurang lebih satu bulan didampingi oleh guru-guru pada setiap kelompoknya”.

Adapun penampilan tarian daerah yang dipentaskan ada tarian dari semua daerah yang ada diindonesia. Karena tahun lalu kita juga sudah mengadakan P5 dengan tema  dan acara yang berbeda, jadi saat ini mengusung tema “Unity and Diversity Festival Budaya Nusantara dan Market Day 2023” yang kita gagaskan bersama-sama dari panitia pelaksana, “Imbuh Markasan.

Harapan saya buat mereka, “Semoga anak-anak dapat menanamkan jiwa berniaga sejak dini, rasa toleransi, kekompakan dan integritas cinta tanah air dan memiliki kecintaannya terhadap kreasi-kreasi budaya kesenian daerah di indonesia. Dan ini merupakan cikal bakal dari bentuk kecintaan terhadap budaya nasional, “Ujarnya.

Disaat bersamaan Drs.H. Bambang S.Pd M.Pd Ketua Korwil Kecamatan Ciledug juga menyampaikan pesannya, “Semoga kegiatan ini terus dilaksanakan di setiap sekolah lainnya khususnya yang ada diwilayah ciledug kota tangerang. Karena bukan hanya pelajaran dan pengetahuan ilmu akademis saja sehari-harinya yang di terapkan, jadi dengan pentas seni dan gelar karya ini membuat anak-anak lebih mengeksplore idenya. Mereka menjadi lebih kreatif, innovatif bahkan dengan mengenalkan UMKM sejak dini untuk mereka kedepannya menjadi lebih mandiri. Apalagi saat ini ekonomi global dunia sangat mengusungkan pengusaha yang handal dan penuh gagasan ide yang cemerlang. Dan harapannya semoga kegiatan ini menjadi inspirasi buat sekolah lainnya juga, “Tegas Drs. H. Bambang M.Pd

Diakhir penutup saat di wawancarai, Rico Putra S.Pd selaku Panitia Pelaksana juga menjelaskan. Kegiatan P5 ini bertujuan agar anak-anak dapat mengenal budaya dan tari-tarian dari daerah di nusantara yang ada diindonesia. Selain itu juga ada bazar UMKM dan hasil karya siswa yang ditampilkan disini. Adapun tarian yang ditampilkan itu dari kelas 1 s/d kelas VI berbeda semua mengusung dari daerah yang ada dari sabang sampai merauke, “Ucapnya.

Saya berharap, “Semoga kedepannya untuk kegiatan acara ini lebih meriah lagi dan siapapun kelak yang menjadi panitianya selalu lebih kompak, kreatif dan bervarasi nuansa acaranya Dan pesan pentingnya mari sama-sama kita cintai lagi budaya indonesia. Selalu tanamkan dan lestarikan kecintaan kita pada budaya lokal. SDN Tajur 2 kota tangerang semakin di kenal oleh masyarakat luas dan sekitatnya, sehingga masyarakat semakin percaya untuk menitipkan anak-anaknya bersekolah disini, “Pungkasnya.

(Gito Rahmad)