SDN Kunciran 04 Gelar Giat Santunan Anak Yatim Piatu Dalam Rangka Menyambut 1 Muharram 1445 H

Deliksatu.Com – Tangerang
Setiap 10 Muharram atau bertepatan dengan hari Asyura, umat Islam juga memperingati Lebaran Anak Yatim atau dikenal dengan Idul Yatama. Tahun ini, peringatan itu dirayakan tepat 28 Juli 2023.

Hari raya anak yatim atau lebaran anak yatim dirayakan untuk memberi rasa suka cita untuk semua anak yatim. Tapi tentu tak seperti Idul Adha dan Idul Fitri, perayaan Idul Yatama atau lebaran anak yatim ini tak harus dirayakan dengan salat Ied.

Saat awak media Deliksatu.Com menyambangi di SDN 04 Kunciran Kec. Pinang, Kota Tangerang. Tampak terlihat kegiatan tersebut sedang berlangsung, dimana semua anak-anak dari Kelas 1 s/d Kelas 6 dan juga Kep.sek dan semua Staff Dewan Guru berkumpul di lapangan sekolah menghadiri kegiatan penyantunan anak yatim. Acara berlangsung sangat hening dan damai bahkan anak-anak sangat antusias mendengarkan Tauziah dan Ceramah oleh Ustad Ridwan yang membimbing acara itu, Sabtu (29/07/2023).

Saat wawancara dengan Hj. Jumaelah M.Pd selaku Kep.sek SDN Kunciran 4 Kota Tangerang dijelaskan olehnya,” Acara hari ini kegiatannya tentang santunan anak yatim atau lebaran anak yatim. Dimana bertepatan dengan 10 Muharram 1445 H, berhubung kemaren hari jum’at banyaknya hal yang harus saya hadiri dan kerjakan jadi baru sekarang saya bisa dilaksanakan.”

Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, berkat kerjasama dari orang tua walimurid, Guru dan warga sekitarnya. Dari mereka semua responnya juga sangat bagus karena kegiatan ini rutin diadakan setiap tahunnya di sekolah kami,”Ujarnya.

Adapun yang disantuni dari sekolah sebanyak 30 Siswa/i dari kelas 1 dan kelas 6. Dari tahun sebelumnya kegiatan santunan ini sebelum SDN Kunciran 6 merger diadakan keliling ke warga-warga seikitarnya. Bahkan anak-anak alumni juga warga kita libatkan dalam penyantunan, mudah-mudahan tahun depan kegiatannya akan lebih bagus lagi.

“Karena sudah banyaknya siswa/i di SDN Kunciran 04, akhirnya kita bagikan kepada mereka semua yang memang menurut kami dengan datanya yang sangat membutuhkan untuk diberikan santunan,”Tuturnya.

 

Ditambahkan lagi oleh Hj. Jumaelah M.Pd selaku Kep.sek SDN Kunciran 4 Kota Tangerang, “Adapun manfaatnya dari santunan ini yakni untuk memupuk rasa kekeluargaan dan kebersamaan. Orangtua juga sangat merespon positif bahkan teman-teman guru dan komitee juga mendukung semuanya,”

Bahkan bukan diacara santunan saja atau kegiatan pemotongan hewan qurban kemaren, saat sekolah mengadakan event-event besar lainnya semua warga dan sekitarnya sangat membantu dan mendukung untuk kerjasamanya demi kemajuan sekolah.

Diakhir penutup beliau juga berharap untuk kedepannya, “Semoga SDN Kunciran 04 Kota Tangerang kedepannya semakin terus maju dan menjadi sekolah diminati oleh semua warga dan mempercayai anak-anaknya untuk dititipkan kepada kami untuk belajar disini. Dan menjadi lebih aman serta kondusif, “Pungkasnya.

( Gito Rahmad )