Sukses Digelar, Warga Apresiasi Bazar UMKM DKM Al Ikhwan Fair 2023

TANGERANG SELATAN, Deliksatu.com – Bazar UMKM DKM Al Ikhwan Fair 2023, yang digelar di area lingkungan komplek Puri Serpong 2, Kelurahan Babakan Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan pada Minggu (5/11/2023) usai dilaksanakan dan mendapat apresiasi dari warga setempat.

Event bazar UMKM DKM Al Ikhwan yang diselenggarakan 1 hari ini berjalan lancar dan sukses. Terlihat antusias masyarakat sangat besar dengan mengunjungi stand produk unggulan lokal dan jajanan kuliner dari para pelaku UMKM, stand donor darah, ATM beras dan pengobatan gratis serta penampilan pentas seni dan budaya, menambah suasana bazar semakin meriah.

Pantauan awak media di lokasi, banyaknya pengunjung memadati lokasi bazar UMKM Al Ikhwan Fair 2023 tersebut, serta hadirnya pelaku UMKM yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman, cemilan hingga pakaian layak pakai dan mainan anak -anak.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kota Tangerang Selatan H. Abdul Rosyid, Ketua DKM Al Ikhwan Ustadz H. M. Kosim, Ketua Panitia acara Satrio Dwi Ardianto, Bhabinkamtibmas Kel Babakan Robit, dan Babinsa Serma Hartono.

Ketua DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) H. Abdul Rosyid, dalam sambutan menyampaikan bahwa dirinya sangat mengapresiasi atas diselenggarakan nya kegiatan Bazar UMKM DKM Al Ikhwan Fair 2023 ini.

Menurut Rosyid, kegiatan ini sangat positif sekali dan sejalan dengan program pembangunan Pemkot Tangerang Selatan, yaitu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Kota Tangsel.

“Saya sangat senang menghadiri kegiatan yang banyak melibatkan masyarakat dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat seperti ini. Apalagi ini melibatkan para pelaku UMKM yang saat ini kondisinya memang sedang tidak baik-baik saja alias sulit pasca pemulihan setelah wabah pandemi,” ucap Rosyid.

Abdul Rasyid juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada DKM Al Ikhwan yang telah berinisiatif menggerakkan ekonomi masyarakat melalui kegiatan Bazaar UMKM DKM Al Ikhwan Fair 2023 Puri Serpong 2.

“Semoga kegiatan ini akan membawa manfaat dan keberkahan bagi seluruh warga masyarakat Puri Serpong 2, khususnya dalam hal ini bagi jamaah Al Ikhwan,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama juga, Ketua DPRD Kota Tangerang Selatan itu, mengajak kepada seluruh tamu undangan dan panitia acara Bazaar Fair untuk mengirimkan Surat Al Fatihah kepada rakyat dan bangsa Palestina, agar para Pejuang nya diberikan pertolongan oleh Alloh SWT untuk dapat merebut Kemerdekaan nya dari tangan Penjajahan Zionis Israel.

Usai membuka dan gunting pita pembukaan acara Bazaar UMKM Al Ikhwan Fair 2023, Ketua DPRD Kota Tangerang Selatan tersebut ditemani Ketua DKM Al Ikhwan dan juga Ketua Panitia kegiatan meninjau ke booth-booth para pelaku UMKM yang berpartisipasi sambil berdialog dengan beberapa peserta Bazaar UKMM.

Sementara, Satrio Dwi Ardianto selaku Ketua Panitia kegiatan, menyampaikan bahwa penyelenggaraan kegiatan Bazaar UMKM Al Ikhwan Fair 2023 ini merupakan kegiatan yang pertama diadakan. Dan insya Alloh kegiatan ini akan terus diselenggarakan secara rutin setiap 6 bulan sekali.

“Insya Alloh enam bulan lagi kedepan nya atau pada saat bulan Ramadhan 1445 H akan kami selenggarakan lagi kegiatan Bazaar Fair ini. Terimakasih kepada seluruh tim panitia serta pihak sponsor seperti Bank Mandiri, Firts media, Bersihhh, Kamil Pustaka, Autocoool Service, Kyai Galerry, DQM, IONESIA, Q&J serta Honda, hingga kegiatan ini dapat berjalan dengan sangat baik, lancar dan sukses,” tandasnya.

Ustadz H. M. Kosim selaku ketua DKM Al Ikhwan, kepada awak media, mengatakan bahwa dirinya mengucapkan syukur kepada Alloh SWT berkat rahmat dan kasih sayang-Nya lah kegiatan Bazar UMKM Al Ikhwan Fair 2023 yang pertama kali diselenggarakan di Puri Serpong 2 ini dapat berjalan dengan sangat baik dan sukses.

“Disini kami ingin menjelaskan bahwa apa latar belakang kami menyelenggarakan kegiatan ini, pertama karena kami melihat bahwa di seputar masjid Al Ikhwan ini banyak sekali para pelaku UMKM. Sementara sama-sama kita ketahui bahwa saat ini kondisi ekonomi Indonesia sedang sangat sulit apalagi bagi para pelaku UMKM dalam meningkatkan ekonomi keluarganya.

Oleh karena itu, lanjut Ustadz Kosim, melalui kegiatan perdana Bazaar UMKM Al Ikhwan Fair ini kami berharap akan bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan para pelaku UMKM yang ada di seputar Puri Serpong 2 ini,” harapnya.

Ditambahkan Ustadz Kosim, DKM Al Ikhwan berpandangan bahwa yang harus dilakukan oleh masjid itu bukan soal melulu tentang kajian dan ibadah spiritual saja, akan tetapi pembinaan perekonomian umat itu juga harus sangat diperhatikan oleh DKM masjid.

“Karena kebutuhan manusia itu bukan melulu soal rohani, akan tetapi bagaimana melakukan pemberdayaan ekonomi umat itu juga sangat lah penting sekali. Karena jika ekonomi umat itu rapuh alias tidak kuat maka umat akan mudah goyah dan tidak mandiri dan akan selalu bergantung kepada orang lain. Kalau seperti itu maka masjid pun pasti akan menjadi tidak kuat karena para jamaahnya tidak mandiri alias bergantung kepada orang lain,” tegasnya.

Sementara itu, salah seorang peserta Bazaar Fair UMKM, Farillah Widia Astuti istri Ketua RT setempat yang juga pemilik Rumah Makan (RM) Pak Uban, yang menjual berbagai menu makanan matang seperti Bebek goreng, Ayam goreng, berbagai jenis ikan goreng dengan berbagai lalapannya, saat dikonfirmasi terkait kegiatan Bazaar Fair tersebut menyatakan apresiasi yang tinggi kepada DKM Al Ikhwan Puri Serpong 2.

“Kegiatan Bazaar ini sangat baik dan sangat positif sekali. Pertama ini sebagai ajang silaturahmi antar warga masyarakat Puri Serpong 2, yang kedua para pelaku UMKM yang ada diseputar Puri Serpong 2 ini dapat saling sharing dan berbagi ilmu serta yang paling penting adalah dapat maju bersama-sama,” ucap Widia, sambil mengacungkan jari Jempol nya untuk DKM Al Ikhwan dan tim panitia acara.

(Glen)