Musrenbang Kelurahan Pamulang Timur Berkontribusi Untuk Menyerap Aspirasi Masyarakat Agar Lebih Baik Dari Tahun Sebelumnya

DELIKSATU.COM – TANGSEL – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) kembali dilaksanakan di wilayah Tangerang selatan. Acara berlangsung di aula Kelurahan Pamulang Timur Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Hadir dalam acara tersebut, Camat Pamulang H. Mukroni, SE, M.Si., Lurah Pamulang Timur Ade Heri Setiawan SE, M.M, Sekel Pamulang Timur Enni, Bappelitbangda Tangsel Mesya, Kabid Kepemudaan Dispora Tangsel Ilham, Kasie Kecamatan Pamulang Darwin Sopiyan. Selasa (16/01/2024)

H. Mukroni, SE, M.Si menyampaikan, dalam rangka aspirasi masyarakat dalam wadah musrenbang yang terlaksana di Pamulang Timur. Tentu diawali adanya aspirasi konsep pembangunan dimasyarakat, sehingga hari ini maka sebagai akumulasi dari tingkat RT/RW yang akan membawa perbaikian di masyarakat.

Lanjutnya, jejaring aspirasi masyarakat begtu banyak usulan dari total anggaran Kepada Pamulang Timur 2, 3 Milyar.. Melihat anggaran ini dalam format dua kemudian ada usulan dari anggota dewan, tiga sumber kita tempuh dengan Musrenbang, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan anggota DPR.

Dewan ini bisa mengusulkan dan merealisasikan insya Alloh bisa tercover di tingkat kecamatan sampai ketingkat kelurahan salah satunya adalah sarana prasarana baik ditingkat RT/RW, perbaikan jalan, selain usul non fisik misalnya pelatihan pelatihan dan hanya pembangunan fisik, “Ucapnya.

Dalan pembangun Tangsel salah satu pemenuhan pembangunan para kegiatan pembangunan contoh RT/RW diberikan insentif 3 juta/3 bulan. Pertahun ini sudah mencapai 1 juta, bukan honor RT/RW saja misalnya insentif guru ngaji Amil, MarbotPKK dan kader kesehatan, ” ungkap Camat Pamulang.
“Dan adanya rumah yg dibedah senilai 70 juta/rumah dan tahun ini sebanyak 600 unit. bedah rumah ini berarti adanya kenaikan, bidang kesehatan, bidang infrastruktur, sudah sangat maju dan terus kita tingkatkan, “Tuturnya.

Kelurahan Pamulang Timur sangat luar biasa melalui aspirasi dewan, OPD atau usulan ke dinas terkait dengan mengajukan proposal.
Kita melihat Kota Tangsel berkonsep sudah button up selalu mengkolaborasikan agar pembangunan yg berkualitas dari masing RT/RW hadir di Musrenbang, “Tegasnya.

Ditempat yang sama diitambahkan oleh Ade Heri Setiawan S.E, M.M selaku Lurah Pamulang Timur, “Bahwa rencana kegiatan hari ini adalah musyawarah rencana pembangunan yang ada di wilayah Kelurahan Pamulang Timur untuk tahun anggaran 2024 Insya Allah untuk terealisasinya dilaksanakan di tahun anggaran 2025 jadi kegiatan ini bagaimana kami dari pihak kelurahan Pamulang Timur menyerap aspirasi masyarakat desa mulai dari ketua RT RW dan tentu saja dari PKK mereka PKM karang taruna dan pokoknya semua stakeholder yang ada di wilayah Kelurahan Pamulang Timur Kita undang untuk hadir sama-sama. Kita bermusyawarah menentukan apa-apa saja program yang akan kita laksanakan di tahun 2025, adapun pagu anggaran adalah sebesar (2 miliar 387 juta) adalah pagu anggaran yang kita akan kelola itu di F1-nya di tahun 2025 ada sekitar 20 item yang kita ajukan, “Tuturnya.

Dimana persoalannya adalah ketika masyarakat begitu banyak usulannya kepada kami yaitu dari 20 yang ditargetkan harus 20 usulan dari mereka. Dan ini melebihi jadi ada terdapat 155 item dengan total anggaran yang disampaikan kepada kami hampir sekitar (2,6 miliar 387 juta rupiah) itu yang perlu bagaimana kita mencermati itu semua makanya tadi juga saya sampaikan kepada peserta yang hadir bahwasanya untuk mengakomodir itu semua, tentu saja tidak memungkinkan bagi kami karena dari (2,6 miliar) yang harus kami alokasikan dialokasikan itu (2,3 miliar).Tentu saja itu akan menjadi persoalan bagi kami, “Jelasnya.

Jadi harapannya dengan dilaksanakan musrembang Ini pertama yang terkait dengan usulan yang 26 miliar itu bisa jadi melalui reses dewan kebetulan di kita juga banyak dewan yang kedua melalui usulan-usulan langsung kepada dinas terkait nanti itu cara-cara kami untuk bisa merealisasikan anggaran yang memang sangat besar yang dibutuhkan oleh masyarakat terbukti di tahun 2023 kalau usulan musrenbang (2,3 miliar). Alhamdulillah untuk wilayah Kelurahan Pamulang Timur itu bisa lebih dari (2 miliar) yang dialokasikan untuk pembangunan pembangunan ada di wilayah Kelurahan Pamulang Timur. Karena semata-mata adanya koordinasi kami dengan pemerintah kota Tangerang Selatan dan juga tentu saja dewan yang ada di wilayah Kelurahan Pamulang Timur atau Kecamatan Pamulang yang berperan aktif. Terkait dengan pembangunan fisik maupun non fisik dapat direalisasikan dan dapat memberikan kepuasan bagi masyarakat yang ada di wilayah Kelurahan ini, “Pungkasnya.

(Gito Rahmad)