SMPN 19 Tangsel Gelar Selebrasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

TANGERANG SELATAN, Deliksatu.com – Guna untuk membangkitkan motivasi dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kurikulum kepada para siswa/anak didik, SMPN 19 Ciater Serpong Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar kegiatan Selebrasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Rabu (22/5/2024).

Kegiatan P5 tersebut mengusung tema “Gaya Hidup, Kewirausahaan dan Bangunlah Jiwa Raga”, ini dihadiri dari pengawas dan pembina Kementrian Agama Jamilah Muryati dan Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel Sukimin.

Kepala Sekolah SMPN 19 Aris Munandar mengatakan, kegiatan P5 merupakan bagian dari kurikulum pembelajaran untuk membentuk karakter anak didik dan membangkitkan motivasi, potensi serta mengimplementasikan
nilai-nilai Pancasila.

“Kegiatan P5 ini, memberikan kesempatan kepada para peserta didik untuk mempelajari bagaimana berwirausaha dengan potensi dan bakat dari masing-masing anak didik,”kata Aris kepada reporter Deliksatu.com

Aris menjelaskan, dengan kegiatan P5 kewirausahaan yang digelar ini, adalah untuk menggali potensi diri siswa terutama untuk gaya hidup berkelanjutan seperti kreatifitas membuat dan menjual kue, tentang kuliner, desainer, kemudian membuat kerajinan tangan yang memanfaatkan barang-barang bekas yang didaur ulang serta tampilan kreatifitas dari masing-masing kelas seperti tari-tarian, puisi, silat, dan pidato singkat yang menceritakan sejarah tokoh-tokoh nasional kita.

“Jadi, itu semua fiur ide dan kreatifitas dari masing masing anak didik sendiri, tidak di bantu oleh orangtua,”ujar Aris.

Dengan adanya kegiatan P5, lanjut Aris, diharapkan dapat mendorong anak didik berperilaku kompeten, berkarakter, dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai pancasila.

Terlihat, para siswa/anak didik menjual berbagai produk sebagai praktik tema Kewirausahaan dalam Festival Selebrasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka di SMPN 19 Tangel.

Sementara itu, Sukimin selaku Pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel untuk SMPN 19 menyampaikan bahwa, kegiatan P5 di SMPN 19 ini sangat luar biasa dan bagus. Karena di kurikulum merdeka, P5 ini salahsatunya adalah membentuk karakter anak-anak didik terutama di kewirausahaan.

“P5 ini untuk menggali ketrampilan, melatih karakter anak-anak seperti karakter gotong royong, kreatif, peduli, kritis dan mandiri. Sehingga dengan harapan setelah lulus, anak-anak disamping anak yang cerdas, potensi bakatnya berkembang, terampil, kreatif, mandiri dan berkarakter baik,”pungkasnya.

Editor : Glend