Telan Biaya Rp 1 Miliar Lebih, Pekerja Pembangunan TPU Jombang Tangsel Abaikan K3

TANGERANG SELATAN, Deliksatu.com – Pembangunan drainase, turap dan pavling blok di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Zona 1 dan Zona 2 Jombang Kota Tangerang Selatan yang menelan anggaran menggunakan dana APBD Tahun 2022 sebesar Rp 1.190.190.000 dengan nomor kontrak 469/2.1.03/SPK.LU. PTJMB/P.PMKMN/DPRKPP/2022, dinilai sangat tinggi.

Pasalnya, berdasarkan pantauan awak media dilokasi, pada Sabtu (5/11/2022) lalu, pengerjaannya hanya membuat drainase, pavling blok dan turap yang dikerjakan dengan besarnya nilai dari dana APBD tahun 2022 tersebut.

Dari informasi yang tertera dipapan plang kegiatan yang terpasang dilokasi, diketahui pembangunan tersebut dilaksanakan oleh CV Bintang Selatan selaku pihak pemborong.

Pengerjaan proyek yang bersumber dari dana APBD Kota Tangerang Selatan tahun 2022 ini memiliki waktu pelaksanaannya 83 hari kalender.

Saat di konfirmasi awak media, Kabid Pemakaman pada Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPRKPP) Kota Tangerang Selatan mengatakan terkait pembangunan drainase, turap dan pavling blok itu, ada dua zona dan pihaknya selalu mengkontrol. Sedangkan, untuk teknis dan soal besarnya anggaran dari dana APBD itu, ada di bagian PPTK.

“Terkait proyek dan soal teknis dan besarnya anggaran itu, tanyakan saja ke pak Wildan bagian PPTK,”kata Nazmudin kepada awak media.

Sementara, saat ditemui di ruangannya, Wildan selaku PPTK pada Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan menjelaskan bahwa benar pengerjaan pembangunan drainase dan turap tersebut berada di dua zona.

“TPU zona 1 pengerjaannya turap sama pavling blok, TPU zona 2 drainase sepanjang 160 meter,”pungkasnya.

Namun, dalam pengerjaannya terlihat para pekerja banyak yang mengabaikan K3. Yang dimana itu yang terpenting dalam suatu proyek pekerjaan pembangunan keselamatan diri para pekerja.

Terpisah, Rahmat, selaku Pelaksana dalam proyek pembangunan drainase dan turap di TPU Jombang itu, saat dikonfirmasi via chat whatsup nya menyatakan bahwa dirinya sedang berada di rumah sakit.

“Maaf pak, saya lagi di rumah sakit, anak sakit, ada apa yak,”jawabnya lewat via what’s upnya.

(GN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *