Bangun Ekonomi Daerah, Gerai Lengkong Ikut Andil di Go Internasional Trade Expo Indonesia

TANGERANG, Deliksatu.com – Trade Expo Indonesia 39 tahun 8-12 Oktober 2024 bertempat di ICE – BSD CITY yang secara resmi di buka oleh Presiden Joko Widodo Trade Expo Indonesia ke -39 Tahun 2024 yang di gelar di Hall Nusantara, Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD) pada Rabu (9/10/24).

Dengan pengaruh perekonomian global akibat perang konvensional dan perang dagang masih terus berlangsung sehingga tingkat pertumbuhan Ekonomi global mengalami perlambatan di kisaran 2,6 persen dan tingkat Inflasi global tembus kisaran 5,9 persen.

Indonesia sebagai negara dengan populasi terbesar keempat dunia , Harus mampu melindungi pasar domestik dan memperkuat ekspor produk unggulan ke luar negeri.

Oleh karena itu masing masing daerah harus memperkuat produk ekonomi kerakyatan yang berbasis Usaha Mikro kecil dan menengah. Berdasarkan hal inilah seorang pejuang UMKM dari kota Tangerang Selatan terpanggil hatinya untuk ikut andil dalam dunia perdagangan skala UMKM yang berharap produknya bisa go Internasional.

Bunda Lista Hurustiati, adalah seorang founder Gerai Lengkong hadir mengikuti Pameran Produk makanan Trade Expo Indonesia ke -39 Tahun 2024 di Hall 3a ICE – BSD CITY selama empat hari.

Pengunjung Trade expo Indonesia ke 39 Tahun banyak yang datang dari kalangan Pengusaha, Ex patriot, Pejabat, dan juga dari wisatawan domestik dan Internasional . Produk -produk yang berkualitas banyak di pasarkan ditempat ini.

Gerai Lengkong adalah sentra oleh oleh Produk UMKM kota Tangerang Selatan atau wadahnya para pelaku usaha UMKM yang membantu dan memasarkan produk warga kota Tangerang Selatan.

Produk UMKM sudah di kemas dengan cantik dan menarik serta memiliki legalitas untuk bisa dipasarkan dan juga mampu bersaing dengan produk -produk Luar Negeri.

Founder Gerai Lengkong Lista Hurustiati, mengatakan bahwa Alhamdulillah Gerai Lengkong Perdana mengikuti Trade Expo Indonesia di ICE -BSD bertaraf internasional dan ternyata di luar expektasi.

“Alhamdulillah di hari pertama buka banyak pengunjung yang suka dengan produk Gerai Lengkong dan langsung habis. Kemudian juga Gerai Lengkong mengikuti forum forum bisnis dari berbagai negara dan Alhamdulillah mereka menyukai produk kita “, jelasnya.

Setiap pengunjung Trade expo Indonesia yang datang di Gerai Lengkong maka kami berikan tester produk, karena kalau produk luar itu hanya kemasan saja yang bagus tapi kualitas rasa kurang.

Setelah pengunjung membeli produk Gerai Lengkong lalu kita bertanya ternyata mereka suka dan kualitas rasa produk Gerai Lengkong mereka merasa cocok dan juga dari berbagai negara mau mengambil produk Gerai Lengkong.

Kondisi seperti ini menjadi peluang bagi para pelaku usaha UMKM dan jangan pernah menyerah meskipun produksinya dari rumah dengan keterbatasan alat, dan anggaran InsyaAllah kalau semua bersatu mendukung dan memajukan UMKM dan mereka pasti bisa naik kelas mengikuti proses export .

Meskipun secara nyata hasil belum besar kalau di bandingkan dengan perusahaan besar walaupun menemui kesulitan. Tetapi selama masih mempunyai semangat saya yakin bisa meningkatkan penjualan produk mereka.

” Ada beberapa tamu negara yang sudah tertarik dengan produk Gerai Lengkong selanjutnya nanti akan di tindak lanjuti prosesnya”, terangnya.

Pemerintah daerah juga membuka stand melalui dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang Selatan di Trade expo Indonesia ICE-, BSD City. Saya juga membuka peluang kepada siapapun yang mau menjual darimana pun link silahkan

Meskipun mereka sudah ada di Gerai Lengkong dan mereka ikut pemerintah siapapun yang lebih dahulu mendapatkan buyer silahkan. Silahkan untuk melakukan dengan seluas luasnya menjual darimanapun linknya

Karena ini adalah sebuah pergerakan untuk mencapai penambahan ekonomi. Untuk pemasaran bisa lewat jalur mana saja, bisa melalui Gerai Lengkong, pemerintah daerah atau jalur lain silahkan untuk memanfaatkan peluang dan jangan pernah membatasi diri.

Teman -teman UMKM yang sudah tergabung di Gerai Lengkong ada Ladara, komunitas, tangguh berkibar, Pemerintah, dimanapun mereka berada harus mengikuti peraturan yang ada.

Karena setiap wadah atau lembaga memiliki aturan masing -masing, sekarang tinggal bagaimana UMKM seberapa besar mereka mau sukses.

Gerai Lengkong sekarang sedang mempersiapkan one stop service dimana Gerai Lengkong tidak hanya mempersiapkan produk UMKM saja tapi, tapi ada juga restoran untuk mereka duduk santai sambil nongkrong, dan makan dari situ kita mulai mengolah sampahnya, dari perkebunannya, bahan bakunya semua UMKM bersatu yang ada di gerai Lengkong dan ada juga pelatihan -pelatihan yang bisa bekerja sama dengan semua lembaga.

Editor : Glend