SMP Negeri 19 Tangerang Selatan Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

TANGERANG SELATAN, Deliksatu.com – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal Tahun Hijriyah Setiap tanggal 12 Rabiul Awal Tahun Hijriyah diperingati sebagai hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Banyak umat muslim yang memperingatinya sebagai wujud rasa cinta kepada Rasulullah Muhammad SAW.

Untuk itu, dengan mengambil tema, “Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW Untuk Membangun Generasi Islami”, SMP Negeri 19, Ciater, Serpong Kota Tangerang Selatan menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Jumat (13/10/2023)

Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW ini dihadiri langsung Kepala Sekolah SMP Negeri 19 Kota Tangerang Selatan Aris Munandar, Pengawas Kemenag Tangsel Anis Anjani, Dinas Pendidikan Sukimin, Komite Sekolah Lucky Chandra dan Ketua panitia/ pelaksana Ainur Rovi Soleh.

Kepala Sekolah SMP Negeri 19 Kota Tangerang Selatan Aris Munandar mengatakan bahwa tujuan acara dari peringatan maulid Nabi Muhammad SAW ini, adalah sebagai format menciptakan dan membangun bagaimana anak-anak didik dapat meneladani akhlak yang telah dicontohkan oleh Rasulullah.

“Kegiatan acara peringatan hari besar Islam seperti maulid Nabi Muhammad SAW ini akan membuat anak-anak dapat meneladani akhlak Rasulullah SAW dan hal-hal baik yang sudah dicontohkan Rasulullah kepada kita,”kata Aris.

“Semoga dengan acara maulid ini, kita dapat tetap selau meneladani, mempelajari, dan mengamalkan ajaran Rasulullah SAW dengan baik serta dapat mengutamakan kebenaran, mempererat tali persaudaraan serta menjunjung tinggi toleransi dalam momen Hari Maulid Nabi Muhammad SAW,”ujarnya.

Sementara pengawas SMPN dari Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan Sukimin menyampaikan, berharap dengan di peringati maulid ini bagi sekolah, anak-anak bisa dapat menteladani suri tauladan yang sudah di contohkan Rasul dalam kehidupan sehari-hari. Karena sifat Rasul itu adalah jujur, amanah, tabligh, berbagai menyampaikan dan cerdas.

“Ini yang harus bisa diartikan dalam kehidupan sehari hari di sekolah maupun di rumah, sehingga diharapkan keimanan dan ketaqwaan para siswa dan para guru-gurunya akan lebih meningkat lagi sehingga ini dapat mengurangi isu-isu kekerasan, bulying dan lainnya,”ungkapnya.

Ditempat yang sama Ainur Rovi Soleh selaku ketua panitia penyelenggara menyampaikan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini sebelumnya dirangkai dengan berbagai perlombaan diantaranya lomba azan, ceramah, MTQ, dan MHQ.

“Di lomba itu, kami sebagai panitia memfokuskan anak-anak untuk supaya bisa mengembangkan bakat mereka di bidang luar daripada pendidikan secara formal. Sehingga anak-anak nantinya secara mental sudah terbentuk dan sudah bisa mengalahkan rasa takutnya dan dapat percaya diri,”jelasnya.

Disamping itu, lanjut Rovi, berharap di acara maulid ini anak-anak dapat mengambil segala hikmah dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini.

“Tentunya yang kami prioritaskan untuk anak-anak kami adalah akhlak dan adab sehingga dapat membangun nilai-nilai generasi Islami yang dapat tertanam di siswa-siswi SMP Negeri 19 Kota Tangerang Selatan ini,”pungkasnya.

Peringatan Maulid tersebut dilanjutkan dengan do’a bersama serta lantunan bacaan shalawat dan dilanjutkan dengan tausyiah yang disampaikan oleh ustadz Badri Zulfikar.

Kegiatan ini mendapat antusias dari para siswa-siswi, sehingga acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dapat berjalan dengan lancar.

(Glen)